Artikel Kesehatan

BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA

dini

BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA

Narasumber : dr. Dini Hapsari, SpM

Air sirih, atau yang lebih dikenal dengan daun tanaman Piper Betle, pertama kali diperkenalkan dapat mempunyai manfaat dalam bidang medis sejak 400 tahun SM di India. Kandungan tanaman Betle ini diklaim memiliki kemampuan sebagai antiseptik, detoksifikasi, serta antioksidan, sehingga sering digunakan sebagai obat kumur maupun obat untuk membersihkan luka pada badan. Meskipun demikian, hal tersebut belum dapat terbukti melalui penelitian jangka panjang yang melibatkan banyak orang. Konsentrasi, kepekatan serta sterilitas kandungan air sirih tersebut juga belum dapat dipastikan untuk mendapatkan fungsi antiseptik tersebut.

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa rendaman air sirih dapat menyembuhkan minus, meredakan iritasi mata, serta baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut SALAH BESAR. Mata minus tidak dapat disembuhkan dengan cara apapun kecuali dengan prosedur pembedahan khusus. Air sirih juga tidak dapat membawa manfaat apapun pada mata, justru dapat menimbulkan risiko kebutaan akibat infeksi.

Bagian tumbuh – tumbuhan, termasuk diantaranya adalah tanaman sirih,  banyak mengandung jamur, yang kemudian dapat berpindah ke mata jika diteteskan ke mata. Sebagai akibatnya, dapat terjadi infeksi jamur pada mata, ataupun infeksi mikroorganisme lain seperti bakteri maupun parasit. Infeksi jamur pada mata umumnya bersifat berat dan relatif sulit untuk disembuhkan. Setelah sembuh, luka bekas infeksi tersebut akan meninggalkan bekas jaringan parut pada kornea, yang bersifat permanen dan tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan prosedur pembedahan cangkok kornea.

Berikut adalah contoh infeksi jamur pada mata :

mata

Dengan demikian, setelah mengetahui bahaya kebutaan akibat penetesan air sirih maupun air rendaman tumbuh – tumbuhan lain ke mata, hendaknya jangan melakukan hal tersebut. Segera konsultasi ke dokter bila terdapat keluhan pada mata. Jangan sepelekan keluhan mata anda.

 

 

Waspada Cedera Mata Saat Pesta Petasan dan Kembang Api

Keratoplasti (Transplantasi Kornea)

Extension Bulu Mata

Tumor Mata

tumor mata

Ulkus Kornea

Ulkus Kornea

RS MATA AINI

Kaleidoskop 2018 2019-01-31 -            
BNI Cicilan 0% 2019-03-08 -
Sunday Clinic 2019-02-06 -
Bahaya Merokok Pada Mata 2019-02-06 - BAHAYA MEROKOK PADA MATA Penulis : dr. Prima Retnosuri, SpM...

INFO RS MATA AINI

Bahaya Merokok Pada Mata 2019-02-06 - BAHAYA MEROKOK PADA MATA Penulis : dr. Prima Retnosuri, SpM...
Efek Keracunan Metanol pada Mata 2017-06-22 - Efek Keracunan Metanol pada Mata(Methanol Toxic Optic Neurop...
Extension Bulu Mata 2017-09-25 -
Ulkus Kornea 2017-08-24 -

RS MATA AINI | FACEBOOK